Saturday, April 21, 2007

Pengantar


Fuji syukur kupanjatkan kehadirat Alloh Swt,
atas segala nikmat yang senantiasa Dia limpahkan kepada diri saya, hamba yang sangat terbatas dari segala hal. Sehingga saya mampu menyusun Tulisan ini. Hasrat untuk menulis, senantiasa ada dan begitu besar keinginan tersebut. Namun waktu dan kesempatan yang sangat terbatas, menyulitkan bagi saya mewujudkan keinginan itu .
Atau bisa jadi saya yang tidak dapat menkoordinir waktu luang yang ada.
Sampai akhirnya pada Selasa, 7 Mei 2002 dengan mengucap lafadz : "BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM" tulisan autobiografi ini, saya mulai dengan tulisan tangan. Lima tahun kemudian / tepatnya Rabu,19 April 2007, tulisan inipun saya pindahkan ke dalam Blogger yang sengaja saya buat di sela-sela waktu kerja saya di Media Fajar Group.

Beberapa hal menjadi pertimbangan dari penulisan Biografi ini, diantaranya:

* Essensi dari penulisan Autobiografi ini bukanlah untuk memuji diri sendiri. Melainkan dalam hal penilaian diri sendiri yang sesungguhnya. Konflik masa lalu, rasa malu, penyesalan dan proses belajar dari kegagalan masa lalu maupun kesalahan orang lain merupakan bagian-bagian dari penulisan Autobiografi ini.

* Penulisan Autobiografi ini, tidak dapat saya titik beratkan pada suatu prestasi besar dan luar biasa, Sebab pada dasarnya saya memang tidak memiliki suatu prestasi besar yang secara radikal mampu mengubah kehidupan saya. Namun barangkali ada hal-hal penting yang perlu saya tulis karena mengandung makna yang cukup mendalam dan berkesan dalam hidup saya.

* Dalam Autobiografi ini, saya juga akan beberkan beberapa hal yang turut mempengaruhi hidup saya, antara lain: latar belakang budaya, keluarga, industri, dan persahabatan, dan pekerjaan serta pendidikan. begitupula Peristiwa dan kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar saya.

* Jika saja saya mempunyai waktu yang cukup untuk duduk dan menulis, maka barangkali saya akan berusaha untuk menyusun kembali detail-detail cerita kehidupan saya secara terperinci, atau mungkin saya akan menyusun buku-buku yang berisi tentang ide-ide dan gagasan saya.

Saya adalah orang yang gemar menulis. Menulis apa saja. Dalam hati sering timbul niat untuk berusaha meluangkan waktu, menjauhkan diri dari gangguan kehidupan, hanya untuk menulis. Meskipun hal itu terkadang sulit bagi saya. Apalagi kegiatan menulis dituntut suatu komitmen yang teratur dan terencana.

Dan sayapun memasang standar, Bahwa:
- Setiap duduk, minimal harus ada sesuatu yang saya tulis, satu kalimat cukup. Satu alinea, lebih baik. Satu halaman berarti sebuah prestasi yang sangat baik.
Namun timbul perasaan bahwa masalahnya bukan seberapa banyak yang dapat ditulis dalam sekali duduk. Tetapi yang lebih penting dan lebih bermakna adalah kesabaran dalam menambahkan sesuatu, atau bahkan menambahkan sebuah kata. Mengulangi dan menuliskan kembali dalam cerita sampai selesai.

* Saya melihat bahwa kehidupan ini adalah sebuah kisah unik dan penuh dengan cerita yang menarik. Meskipun hidup saya tidak begitu dapat memberikan arti penting untuk dunia ini, tetapi setidaknya sangat penting bagi saya.

*Kehidupan bagi saya tak ubahnya sebuah sekolah, di dalamnya kita dapat memetik pelajaran setiap hari.

Demikian itulah beberapa hal yang mendasari penulisan Autobiografi ini. Sedapat mungkin saya berusaha untuk menuliskan dan menceritakan kembali kejadian-kejadian yang saya alami dalam hidup saya. Baik kejadian yang telah lewat maupun yang terjadi saat ini, dan mungkin sampai akhir hayat saya nanti.

Saya memanjatkan puji syukur kepada Ilahi Robbi, Salam dan sholawat kepada Nabi besar Muhammad SAW.
Ucapan terima kasih yang tak terhingga serta hormatku kepada kedua Orang tuaku, Ayahanda tercinta,KHAERUDDIN. Mamaku tersayang, NASHRANG yang telah susah-payah mendidik dan membimbing aku sedari kecil hingga dewasa.
Kepada adik-adikku, NASHRUDDIN, KHAIRURASYIDIN, SYAHRUDDIN yang juga senantiasa memberikan masukan dan sumbangsih pemikirannya dalam berbagai hal.

Ucapan terima kasih juga tidak lupa saya haturkan kepada Teman-teman di Fajar FM serta semua pihak yang turut membantu.

Selanjutnya akan saya mulai urusan tulis-menulis ini dengan cara yang cukup sederhana dan pernyataan-pernyataan yang sederhana pula, terutama mengenai kehidupan yang menyangkut diri pribadi saya.

WASSALAM


HERY

(KHAIRIL ANAS)

No comments: